Saturday 6 August 2011

Telescope in the Garden

Semalam, Bos saya menelpon rumah intern dan bilang kalau mau melihat bintang-bintang malam ini, ada telescope di depan mansion. Maka bergegaslah kami semua menuju ke sana

Sampai di lokasi suasana gelap (hanya cahaya setengah bulan yang jadi penerang), sementara kami sadar bahwa tak satu pun dari orang-orang yang sedang asik mengobrol dan meneropong itu yang kami kenal. sampai bosnya divisi program di OWG datang dan dan memperkenalkan kami dengan kelompok itu. Ternyata mereka grup astronomi amatir yang suka kumpul dan memerhati bintang-bintang di angkasa.

Seorang anggota kelompok itu dengan baik hatinya mempersilakan kami melihat bulan dari teleskopnya. Teleskop buatannya sendiri. Awalnya kami melihat bulan yang setengah dan si Bapak itu menjelaskan beberapa hal tentang bulan menjelaskan beberapa hal tentang bulan.

'Do you see the smooth area among the rough one? they called it mari, it's italian world for ocean because, at first time the astronomist thing its ocean. In fact, it's not. It a freezed lava..."

Lalu kami juga diajak untuk melihat double star, ada dua bintang yang kelihatannya satu tapi ternyata dia dua, kalau di over focus akan terlihat keduanya warnanya biru dan satu lagi kuning.

Well ini adalah pengalaman pertama saya melihat teleskop dan ini menarik, seperti tour singkat. Faktanya hanya beberapa hal yang si Bapak itu terangkan pada kami yang bisa dibilang masih buta tentang hal-hal astronomi ini. Tapi hal-hal yang sederhana dan sedikit inilah saya belajar sesuatu.

Hal yang menarik lagi adalah bagaimana niatnya mereka berkumpul dan memerhatikan bintang-bintang ini, bahkan katanya mereka sudah mulai sejak sebulan lalu, tapi sayangnya langing berawan, dan mereka kembali minggu lalu, juga masih berawan, dan kembali tadi malam, untungnya lumayan cerah. Saat mau pulang kami mengucapkan terimakasih kepada bapak itu. (Bapak yang hanya kami kenal lewat suara saja karena tidak bisa lihat wajahnya di kegelapan). Dan bapak itu bilang " No Problem, Nice to share this beautiful star to you"


Epilog
Paul (Si Bos Divisi Program) mengarahkan mengarahkan iphonenya ke langit dan memerhatikan layarnya
'Paul, What are you doing?" tanya Katya teman saya
"Oh, I am looking on google skymap"
"Oh............."
Saya baru tahu ternyata gak cuma ada google map darat saja, ada juga skymap yang memetakan bintang-bintang, kinda cool thing..."

No comments:

Post a Comment