Thursday 29 March 2012

Volunteering

Semenjak melihat volunteer di Old Westbury Garden dulu, saya mempunyai cita-cita untuk jadi volunteer juga sekembalinya ke Indonesia. Dan mimpi itu terwujud sekarang. Tadi pagi saya dan kakak saya menjadi volunteer di sebuah TK di Banda Aceh, mantan TK kami, TK YKA. Saya menjadi guru menggambar di sana. Setelah pertemuan tidak sengaja dengan Nenek Guru (panggilan akrab kapala TK YKA) ketika menjemput sepupu saya yang paling kecil kemarin, maksud menjadi volunteer guru gambar pun dengan spontan saya ungkapkan. Tak disangka maksud ini disambut sangat antusias oleh beliau dan guru-guru TK lain. Dan jadilah pagi tadi pertemuan pertama kami.

Meja-meja sudah dibentangkan, anak-anak yang suka menggambar dari kelas A dan B (kelas yang senior dan junior) sudah dikumpulkan, krayon warna warni dan kertas gambar telah di tangan. Ibu-Ibu guru pun telah siap di belakang ikut belajar. Maka apalagi yang ditunggu. Mari mulai menggambar. Hari ini temanya adalah menggambar teman sendiri (teman yang duduk di sebelah). Dimulai dari menggambar wajah sampai ke kaki. Semuanya dengan imaji masing-masing ikut menggambar. Meminjam istilah Pak Tino Sidin, semuanya bagus, semuanya pintar. Tanpa malu-malu mereka mulai mengekspresikan diri. Sesekali tanya ini itu. Semuanya sibuk dengan pensil dan krayon masing-masing.

Yang membuat senang adalah karena gambar mereka bagus-bagus. Anak-anak umur segitu waktu dahulu, mungkin hanya bisa menggambar karakter korek api. Tapi mereka sudah bisa membuat gambar manusia full, dan terkadang lengkap dengan detail-detail kecil, kancing, jam tangan, anting-anting dsb.
Sesi diakhiri dengan menceritakan isi gambar masing-masing anak ke depan kelas. Anak-anak yang berani boleh maju ke depan kelas dan menceritakan tentang gambar yang telah dibuatnya pada teman-teman lain. Walaupun perintah awalnya adalah membuat gambar teman di sebelah, ternyata impovisasinya banyak. Ada yang menggambar diri sendiri dan teman di sebelahnya, mama dan papa, adik dan kakak, atau siapa saja. Ha...ha.....No Problem. Dengan berani dan ada beberapa yang malu-malu mereka menceritakan isi gambarnya.  Ada yang bercerita tentang anak-anak di sekolah, anak-anak di taman bunga, di pinggir jalan, anak-anak yang sedih karena balonnya meletus, dan banyak cerita lainnya....

Ha..ha... Senangnya hari ini bisa menggambar bersama anak-anak. Rencananya seminggu sekali akan mengajar di sana, Minggu depan kami akan menggambar hewan. Kebun binatang atau mungkin binatang peliharaan. Setiap tiga minggu sekali, saya akan mengajar guru TK untuk teknik-teknik yang lebih serius, seperti teknik pencampuran warna, ide gambar, dan tema. Agar program ini bisa terus berjalan walaupun saya sudah dapat beasiswa nantinya, he... amin...

Well, Can’t Wait for next week!!! 

1 comment:

  1. Waaaaa... kerenn!! aku jugak pengen, tapi aku seringkali grogi menghadapi anak-anak yang terlampau jujur dan sulit dibohongi itu :|
    tapi kereeeeeeennn ('=

    ReplyDelete