Wednesday 18 April 2012

Menggambar bersama sahabat kecil



Menjadi teman menggambar sahabat-sahabat kecil di TK YKA adalah pengalaman yang menarik selama sebulan terakhir ini. Apabila diingat-ingat lagi banyak momen lucu dan menyenangkan bersama mereka. Dari dipanggil oom sampai yang bilang mau berhenti saja karena sudah lapar. Ha...

Anak-anak ini datang dari berbagai kelas di TK YKA, berbekal sekotak krayon dan kertas gambar yang telah digaris tepi dan diberi lafadz bismillah oleh gurunya, semua anak-anak ini duduk rapi mengikuti kelas menggambar saya. Setiap minggu tema yang kami angkat berbeda, sejauh ini mereka pernah menggambar tentang teman, lautan, dan hutan.

Di kelas saya tidak ada tekanan, semua gambar adalah bagus. Kadang-kadang mereka datang ke saya hanya untuk memperlihatkan gambarnya, lalu dengan semangat saya bilang bagus, dan mereka akan kembali ke tempat duduk dengan riang untuk melanjutkan menggambar. Saya terkadang agak terusik dengan guru yang suka mengkritik gambar anak-anak. “Lho itu kok kepalanya besar sekali, atau kok ikan warna hijau”. Bagi saya menggambar adalah tentang kebebasan dan kebahagian. Dan ketika semuanya disamaratakan dengan standar orang dewasa, tidak ada yang istimewa lagi. Semua sama. Anak-anak saya pikir lebih peka pada hal-hal yang sederhana dan jujur, tak jarang saya dikejutkan oleh jawaban-jawaban mereka.

Hari ini kami menggambar anak-anak yang sedang bermain kejar-kejaran di depan sekolah, seorang anak hanya menggambar bangunannya saja, tanpa anak berkejaran di depannya, ketika ditanya ia berkata anak-anaknya sudah pulang semua, sekarang yang ada hanya bangunan sekolahnya saja. Yang lain menggambar anak yang banyak titik-titik di sekujur tubuhnya, ketika ditanya apa titik-titik itu ia menjawab bahwa itu adalah keringat. Karena berkejar-kejaran maka keringat bercucuran dari tubuh anak yang digambarnya. Beberapa anak laki-laki yang mengubah gambar anak berkejaran dengan anak yang bermain bola. Minggu lalu juga banyak yang berimprovisasi dengan gambarnya. Seperti ketika menggambar lautan, ada yang menggambar tentang harta karun yang diperebutkan oleh ikan-ikan, atau ketika menggambar hutan ada yang menambahkan pemburu di dalam gambarnya.
Menggambar laut
Menggambar sekolah
Show your drawing, please! 
Cheers!!

Menyenangkan sekali menggambar bersama mereka

1 comment:

  1. ih,,lucu tou... senangnya bisa berbagi bahagia dengan anak-anak.. :)

    ReplyDelete