Wednesday 15 December 2010

Pixel Bride and Groom

Pasangan dengan pakaian adat Aceh

Selalu merasa sangat bersemangat melihat pasangan dalam busana adat Aceh, entah itu menonton pawai 17an di Jalan, penyambutan tamu, dan bahkan yang paling menggetarkan melihat pasangan pengantin dalam pakaian adat lengkap dan rangkaian bunga hidup yang semerbak.

Perempuan Aceh memakai celana tapi masih saja tampak anggun dengan atasan warna-warna mencolok bersulam benang emas. Selendang terselempang dipaha diikat dengan belt emas yang elegan.
Lelakinya memakai kopiah Meukeutop, semakin tampak gagah dengan rencong terselip dipinggang depan.

Dibutuhkan bagi perempuan Aceh untuk mengenakan baju adat dan hiasan kepala sekitar satu jam. Bagian paling rumit menusukkan bunga untuk menutupi sanggul (sungguh butuh perjuangan untuk menciptakan hiasan yang elegan)


Additional Information

Kostum adat Aceh dapat di sewa di penyewaan pakaian adat yang sangat mudah ditemui di Banda Aceh. Bisa juga memesan sesuai ingin (warna, bordir, dan ukuran) di toko souvenir atau membeli yang sudah jadi, untuk pakaian dan celana sekitar Rp.500.000,-

Desain Kaos

Model : Ana  Lokasi : Rumah Bu Yuk, Batoh, Banda Aceh  Tukang Foto : Ai  Kaos : temurui clothingline designed by tou

Ana dengan baju kaos warna hitam bergambar pasangan dalam pakaian adat Aceh, ceria menantikan pawai pakaian adat Aceh di pinggir jalan.
Pawai ini menampilkan banyak sekali pasangan dalam balutan pakaian adat berwarna-warni,  dengan hiasan rambut penuh aneka bunga, dan riasan muka penuh nuansa.

Ana tersenyum, membayangkan suatu saat mengenakan atasan hitam beledru dengan bordir benang mas seluruh badan.. aha.. cantik sekali



Komen Please..

Tou : “Bahkan dalam pixel berukuran besar, desain ini masih memperlihatkan ciri khas pakaian adat aceh masih terasa kuat..”
Ai : “ Jadi ingat waktu masih nari saman dulu di Adelaide, kostumya khusus dipesan dari Banda Aceh, warna warni..”

Funny Facts

Dahulu kala untuk menancapkan bunga di kepala digunakan batang pisang dan sekarang digunakan strefoam..
Dahulu kala bunga yang digunakan adalah melati wangi (Jasminum sambac) dan sekarang digunakan melati (Jasminum aemulum) yang bunganya lebih banyak tapi tidak wangi dan lebih lama layu.

No comments:

Post a Comment