Monday 24 March 2014

Mengunjungi children book festival Melbourne

Sejak dulu saya memang senang buku anak-anak, terutama yang bergambar. Tidak usah banyak berbahasa, gambar-gambar bercerita lebih banyak. Beberapa waktu lalu di kota penuh festival ini, sebuah acara tentang buku anak ini diadakan. Tanpa membuang kesempatan, saya mengunjunginya. Bertempat di State Library of Vic, beberapa rangkaian acara yang menarik minat anak-anak ini diselenggarakan. Sebagai penyangkalan dari umur yang sudah terlanjur tua, sayapun ikut menikmati acara. Walau tak seberani mereka untuk melompat sana-sini, atau bertanya ini itu. Ada bagian diri saya yang bilang mari bersikap dewasa, walau sebenarnya juga masih bingung apa artinya, dan sampai sekarangpun saya selalu ingin menjadi kembali muda. Ah...

Di luar, berbagai pertunjukan musik berjalan meriah..
Pameran beberapa ilustrator asal Australia
beberapa ilustrasi favorit saya


The Sign.
 Berikut adalah kegiatan dalam festival yang paling menarik menurut saya. Judulnya Kids Own Publishing.
Jadi seperti sebuah pabrik buku cerita, anak-anak diajak membuat buku cerita sendiri. Meja-meja di set mengikuti alur kerja pembuatan buku cerita. Meja pertama, untuk melipat kertas menjadi bentuk buku. Meja kedua untuk memilih sebuah objek dari dalam kotak ajaib yang akan dijadikan ide cerita. Meja selanjutnya untuk menggambar dan menulis cerita, begitu seterusnya sampai seluruh lembar halam terisi dan buku cerita selesai. Ada satu hal yang sadari setelah melihat proses bekerja anak-anak ini. Mereka sangat spontan dan cepat mengambil keputusan. Suatu kualitas yang telah lama hilang dari diri saya, mungkin kalau saya ikut dalam acara ini di usia sekarang, sampai selesai acaranya pun bukunya belum jadi. Terlalu banyak ketakutan yang menjadikan banyak keraguan. Takut salah atau takut dihakimi salah, takut tidak bagus, takut kecewa dan sebagainya. Bagaimana kualitas ini hilang bersamaan dengan bertambahnya umur memang hal yang disayangkan. Ah... saya ingin ke masa itu.....

Beberapa hasil buku cerita anak-anak
Sibuknya di kids own publishing room...
 Di luar.....
Siapa sangka, menempelkan potongan-potongan koran di labirin lakban,bisa menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan
Walau mulai musim gugur dan udara dingin, banyak orang yang mengunjungi festival
Suatu saat nanti saya ingin buat acara seperti ini di Indonesia..
Ciao...

No comments:

Post a Comment