Saturday 31 August 2013

Melbourne Writer Festival, Shaun Tan

Saat tersesat dalam penat alam pikir merumuskan bentuk lain surealisme yang berwujud edukasi (a.k.a. assignments), sore tadi saya datang ke salah satu acara Melbourne Writer Festival, yaitu talkshow yang berjudul In Studio with Shaun Tan. Shaun Tan adalah ilustrator, seniman, Australia, salah satu bukunya yang terkenal adalah The Arrival, saya sarankan untuk dibaca, luar biasa, dibuat tanpa kata.

Saat pertama kali menikmati The Arrival, saya tidak mengerti jalan ceritanya, karena memang dibaca sepintas lalu dan memang tak ada satu katapun disana, semuanya dalam gambar. Namun, kedua kalinya saya membaca (gambarnya) saya mengerti dan terkesan dengan setiap detil dan imajinasinya.

Poin menarik yang saya dapatkan dalam talk show tadi dari jawaban Shaun Tan dari seorang penanya adalah "Bahwa Konsistensi dalam berkarya itu menurutnya berbahaya". Konsistensi dalam gaya berkarya, material yang digunakan, aliran, dsb. Karena ketika telah sangat nyaman dengan sesuatu, kita akan cenderung berhenti kreatif, berhenti mencoba hal-hal yang baru. Istilahnya "Imitating ourself". Berkaca dengan diri sendiri, saya merasa juga telah melegitimasikan konsistensi sebagai suatu bentuk dalam membentuk karakter gambar-gambar saya. terjebak dalam zona aman, dan meniru diri sendiri lagi dan lagi, dan berakhir dengan berhenti mencoba hal-hal baru. Ah, bingung juga, kalau tak punya jiwa petualang..

Cover terbaru buku Om Shaun yang akan terbit oktober
Lambang Melbourne Writer Festivalnya lucu
Talk Show si Oom Shaun
Dapat tanda tangan si Oom
Beberapa buku Shaun Tan
View dari Fed Square, menjelang malam

No comments:

Post a Comment