Thursday 3 February 2011

Unique Aceh


Unique Aceh adalah gambaran sepasang pengantin Aceh. Dari kecil saya sangat suka menggambar pengantin aceh. Mungkin karena mama suka mengajak ke pesta orang kawin dan bersalaman dengan pengantinnya (Sekarang tidak lagi karena sudah besar jadi  kalaupun pergi, seperti tamu pria lain, hanya makan di luar bersama babah dan menunggu mama salaman trus pulang). Waktu kecil aku suka melihat sampai detail apa yang dipakai pengantin, bagiku semuanya unik dan menarik untuk diperhatikan beberapa diantaranya yang masih aku ingat adalah :

Pengantin perempuan:
Aku suka tangan pengantin perempuannya yang digambari dengan pacar
Hiasan rambut dari bunga melati (Jasminum sambac), kenanga (Cananga odorata), dan  soka (Ixora sp.) yang disusun dengan indah ditambah kembang goyang yang banyak dan hiasan yang di sampirkan didahi pengantinnya
Kain tangan dengan bandul yang dipegang oleh pengantin perempuannya (ada namanya dalam bahasa aceh tapi aku lupa)
Bahkan aku ingat ada gelang di lengan atas dan gelang kakinya.

Pengantin laki-laki
Ada kain yang juga berbandul disampirkan di bahu sebelah kirinya
Ada rencong yang dihias dengan kain dengan warna mencolok biasanya kuning atau merah dari balik jasnya
Ada hiasan pada kain kupiah makeutopnya.
Sekarang kalau aku perhatikan

About design
Sepertinya Ada yang jadi model foto ini, juga malu-malu

No comments:

Post a Comment