Friday 28 June 2013

Australian Impressionist

Minggu lalu saya mengisi akhir pekan dengan mengunjungi museum lagi. Ada pameran lukisan dari pelukis-pelukis impresionis australia. Ternyata dahulu banyak pelukis-pelukis australia yang datang ke Paris untuk belajar melukis. Paris kala itu bagai surganya para seniman, sekolah-sekolah seni menjamur dan komunitas-komunitas seni tumbuh subur. Para seniman berinteraksi satu dengan lainnya.

Dalam satu bagian pameran, cerita tentang korespondensi antara pelukis Australia dan Van Gogh diangkat. Dalam bahasa yang santun, surat-menyurat membahas seni, apresiasi, atau kehidupan sehari-hari antara dua sahabat ini terjalin. Membuktikan masa itu, Paris adalah tempat yang tepat untuk berkesenian.
Di depan NGV
Saya jadi ingat tentang film 'Midnight in Paris' ketika sang gadis dari masa lalu bilang ia ingin golden era (masa ketika kreativitas, pemikiran, dan berkesenian berjaya) menjadi abadi, karena betapa indahnya era itu. Dikelilingi atmosfer kreatif bahkan dari lintas bidang sekalipun.

Menempatkan diri di antara orang kreatif akan sedikit banyaknya membuat diri kita kreatif, sesederhana lingkungan yang mempengaruhi tingkah laku seseorang. Saya bersyukur bisa bersekolah di Melbourne yang katanya juga merupakan kota seni di Australia..

Sebagai penutup ada sebuah video dari youtube yang menarik tentang karir di bidang kreatif check it out
Ciaou

No comments:

Post a Comment