Friday 28 June 2013

Possum?

Saya baru tahu ada hewan bernama possum dalam tour kemarin. ketika bertanya mengapa pohon-pohon di Flagstaff Park, pada batangnya dililit pelindung plastik.
Yang berwarna hitam itu maksudnya.
Ternyata agar Possum tidak memanjat ke dahannya, dan merusak pohon karena ia suka membuat lubang di pohon untuk bersarang (brushtail type). Kalau di taman ini akan menjadi bahaya karena pohon akan rentan rubuh. Ketika mencari tahu tentang possum, banyak fakta menarik yang bisa ditemukan ternyata possum banyak jenisnya, dan mereka bisa berakting pura-pura mati. Ini adalah gambar possum yang saya pinjam dari om guglah, kalau ingin lebih jelas bisa bertanya sendiri pada si Oom
sumber: springwoodpreschoool.org.au
Penasaran dengan bentuk nyatanya ketika itu, kami ditunjukkan possum asli yang sedang tidur nyenyak di atas pohon, sayangnya wajahnya tak kelihatan.
Nah yang seperti buntelan itu adalah possumnya
Lalu bagaimana ia bisa naik ke atas pohon bila sudah diberi penghalang? ternyata ini jenis yang lihai meloncat dari satu dahan ke dahan lain. Jadi bukan masalah besar baginya untuk menikmati kehangatan sang pohon.
Hayoo siapa lebih pintar?

Berbicara possum, hewan ini sangat berguna bagi orang aborigin. Sumber makanan dan sandang. Kulit possum bisa dijadikan pakaian yang multifungsi. Bagian bulunya dipakai saat musim dingin, memerangkap panas tubuh. Bagian kulit dalamnya yang dingin, digunakan pada musim panas. Saya penasaran dan mencobanya ternyata Benar...
musim dingin                                                             musim panas
Dan menariknya sepanjang hidup, selimut pakaian ini tetap digunakan. Ketika masih bayi, dibungkus dengan satu kulit possum. Seiring beranjak tumbuh makin banyak kulit possum yang dijahit hingga bidang bahannya menjadi lebih luas.Eco-friendly style..

Sekian berita kali ini
Salam possum

No comments:

Post a Comment