Saturday 9 April 2011

2nd ( 31 maret 2011 distribusi)

Pekerjaan hari ini temanya adalah distribusi:

Pagi-pagi mendistribusikan batu kecil-kecil (gravel)

Siang setelah makan siang mendistribusikan mulsa

Pagi:
Jadi begini ceritanya di depan mansion utama ada courtyard yang dasarnya berupa gravel, nah pada musim dingin (ga ada kunjungan)
gravelnya di angkut ke satu sisi, trus pada musim semi dan panan disebar lagi, pertamanya pake alat berat

Namun sayangnya tidak terlalu rata
ada yang bertumpuk banyak, ada yang kosong, nah tugas saya adalah mendistribusikannya
Alatnya adalah rake khusus, kayak sisir baja raksasa, lumayan berat si, trus satu ember buat ngangkutin batu-batu dari dari tumpukan ke area yang bolong (kalau area keduanya berjauhan). Well cukup melelahkan, tapi cukup senang

Kata Will, Supervisor hari ini kerjaannya bagus, (lookin good) tapi sepertinya saya akan bilang ke direktur kayaknya kita butuh 1 truk gravel lagi, supaya semuanya bisa tertutup sempurna. Yaelah Will kenapa ga bilang dari awal, ngapain juga ngumpulin gravel yang berat dari tempat yang bertumpuk ke yang kosong kalau mau pesan satu truk lagi, mana jauh lagi, he,,, (tapi mungkin kalau ga gitu g keliatan kurang kali y) 

Pertanyaan: Apakah jenis batunya sama yang dipakai dengan batu saat pertama kali dibangun?

Jawaban: Gak terlalu yakin, tapi kita cari yang sedekat mungkin.

Pertanyaan: Emang ada dokumennya?

Jawaban: Nih ada buku tentang Old Westbury Garden dulunya. He,, (mari membaca bukunya nanti, tapi ga di bawa pulang si, baca di tempat)

FYI: Pembicaraan ini terjadi di ruang kumpul pekerja pas break jam 10 pagi.

Setelah makan siang pekerjaan berubah: mendistribusikan mulsa (mulch) istilahnya
Nah peralatan yang dibutukan adalah kawasaki, tau apa itu, bukan sepeda motor, tapi mobil kecil buat ngangkutin barang kayak yang ada di lap. golf tapi pake bak buka belakang. Ternyata orang sini suka pake nama merk juga yang buat nyebutin benda, kayak kita bilang naik honda yang artinya naik sepeda motor. Atau aqua yang artinya air mineral. Kembali lagi alat lain yang dibutuhkan adalah garpu, (Pitchfork) bukan buat makan tapi buat nyekop mulsanya

Mulsa yang dipake di sini ada 2 macam, satu yang agak kasar, dan yang halus. Mulsa kasar (warnanya coklat, masih keliatan tekstur kayunya) digunakan buat mulsain pohon yang agak jauh dari mansion utama (tidak terlalu visible) trus yang halus (warnanya hitam dan udah lebih hancur) digunain untuk pohon tanaman/pohon yang di dekan mansion utama, biar lebih keren gitu. Beda keduanya tentunya harga dan kualitas.

Cara kerjanya; Mulsa dibawa diangkut dengan kawasaki 6 kali mondar-mandir) trus setelah itu diratakan. Saya mencoba si kawasaki hari ini, tidak terlalu sulit, hanya gas, rem, rem tangan, gigi (hanya maju dan mundur), masih belum terbiasa sekali, tapi saya akan terus berlatih (doakan saya ya!he..) setelah yang kedua kali bolak2 Will bilang, Gw aja yang nyetir,, Well kali kurang ok ya bawa kawasakinya ya sudah entar latihan lagi biar terbiasa.

Pertanyaan tentang mulsa

Pertanyaan: Kapan tepatnya harus melakukan mulsa? (Pertanyaan sebenarnya: mulsa buat apa si? cuma kalau pertanyaannya seperti ini bakal keliatan bodoh bgt)

Jawaban: Well, bisa kapan aja, tapi biasanya yang kita lakukan mulching di awal spring, hal ini akan memberikan kejutan bagi gulma yang mau tumbuh (membayangkan, betapa kasiannya gulma, dikubur hidup2, pas masih bayi pula).

Oh akhirnya saya tau ternyata mulsa buat menghalangi tumbuh gulma (weed), sebenarnya mungkin hal ini udah pernah di bilang sama dosen atau siapalah di ipb, tapi karena cuma seperti teori hilang begitu saja, tapi kalau g salah, mulsa juga bisa buat nahan erosi, jaga kelembaban tanah, dsb bukan ya?

Will bilang untuk menghalangi tumbuh gulma sebanyak 80% dibutuhkan mulsa setebal 4-6 inch sekitar 10-15 cm. Jadi begtulah cerita tentang mulsa.

Hari ini saya tidak menggunakan prunner, karena tidak ada acara potong memotong
hari ini kerjanya angkut mengangkut, distribusikan segala sesuatu secara merata ya gravel, ya mulsa

Will, tadi nanya suka kerja di green house atau di luar

Well, kerja di green house enak karena udaranya hangat, kerja di luar juga oke, membentuk otot, he,,,, mudah2an kurus dengan segera (ngarep.com)

Kira-kira begitu cerita tentang pekerjaan hari ini, mari belajar setiap hari
Btw, masih susah berkomunikasi, bahasa inggris saya payah, tapi cukuplah untuk membuat will mengerti pertanyaan saya walau harus mengulang dua kali

Belle, si ibu di green house bilang, gak masalah, bagian tersulit dari berkomunikasi dengan bahasa asing adalah mencoba (trying) dan kamu sudah lakukan itu. (tapi tentu saja ini tak bisa jadi excuse ya, he...) i'll try and try sampe bisa mimpi dalam bahasa inggris yang kata kakak saya menjadi pertanda bahasa inggrisnya udah ok.

Well tanggal 2 ini taman akan dibuka untuk umum, tapi masih banyak pekerjaan yang belum dilakukan, direktur hortikulturnya udah aga khawatir, tapi mau gimana lagi OWG luas bgt dan orang yang kerja ga terlalu banyak, dan faktanya gak ada om jin atau jinny yang bisa buat taman ini bersih dari jutaan daun kering dalam sekedip mata, jadi ya bersabarlah,,he...

Sudahlah kalau begitu, udah kepanjangan..kata lu kan kalau buat blog jangan panjang2 orang bosan bacanya he,,,

Btw kalau mw liat OWG ada secuplik di trailer film Arthur, atau di sana udah ada bajakannya lagi, hee...

No comments:

Post a Comment