Saturday 16 April 2011

Bingung Ngapain

Sebenarnya ingin jalan-jalan hari ini
Tapi cuaca di luar sepertinya tidak mengizinkan
Anginnya kencang, dan ramalan cuaca bilang hari ini akan hujan.
Jadi sambil mendengar artis-arstis youtube bernyanyi saya mencoba membongkar arsip-arsip lama saya.
Saya surprise menemukan catatan gundah saya (kalau memang boleh disebut begitu) ketika sedang pusing menulis skripsi beberapa waktu lalu. Ha...ha..rindu masa-masa itu lagi
Btw, ini adalah rangkaian kata-kata pendek, tidak berjudul, dan terkadang putus ditengah jalan, tapi lumayan meringankan beban pikiran saya ketika itu! Enjoy


Banyak waktu ketika hanya diam dan lengah yang tersisa
Diantara harap-harap yang melayang rendah
Sinis tersenyum
(Desperado,  ketika skripsi stuck di tengah jalan)

Di suatu siang yang tak bermatahari seekor tikus berjalan mundur
(Kurang mengerti juga maksudnya, he,,,)

Dan disinilah aku tidak berlanjut
Pusing dengan kata-kata yang lanjut
Geli dengan kata-kata lanjut
Berkhutbah menceritakan sebuah konsep mulia: keberlanjutan
Bullshit: mimpi-mimpi yang hanya tersangkut di lidah-lidah. Manis. Tapi penuh kebohongan busuk
Bosan dengan sesuatu yang berlanjut-lanjut
Seperti sesuatu  yang menggelayut tak mau lepas
Berlanjutlah terus skripsiku, walau khutbahmu hanya serangkai huruf-huruf yang telah lanjut.
 (Anda tahu dalam skripsi saya ada 287 kata-kata berkelanjutan, berlanjut, dan lanjut2 yang lain)

Setiap hari aku mendengar lelaki berbahasa cina itu menyanyi
Diiringi musik-musik yang indah tapi sendu seperti biola 
Gadis perancis itupun turut bernyanyi sendu
Hanya diiringi gitar tak berlistrik
Seperti berkata dengan sedih yang penuh
Tapi lain halnya bila wanita dan pria india itu yang bernyanyi
Mereka sangat centil
Lenggak-lenggok suara sana sini
Menggoda bergembira
Dunia bahagia
Tapi terkadang laki-laki latin itu bernyanyi juga
Hatinya penuh bimbang yang nyata
kadang bahagia kadang pilu yang dalam
Suara menghentak terkadang, tapi tak jarang menyeret pula
Menari terkadang, atau berdiam di sudut ruang sesekali
Sungguh tak bisa ditebak
Atau bagaimana kalau mendengar orang-orang korea itu bernyanyi
Mereka beraninya keroyokan
Mereka sukany\a
 (Ini tentang  playlist musik saya selama menulis skripsi, tapi sayangnya tidak sempat diselesaikan, dan bagi pecinta boyband korea peace, mate!he..)
Hati kecilku berkata tak mengapa bila berhenti sesekali
Untuk rehat sejenak
Tapi jangan berlama2
Nanti lidah kelu dan tangan kaku
(Kadang memang perlu rehat sejenak)

Jangan takut untuk memulai
Jangan takut untuk berhenti
Jangan takut untuk berlari
Jangan takut


Aku ingat tentang kata berlari
Dengan segala arti baik dan buruknya
Tentang lari yang artinya menghindar
Tentang lari yang artinya kecepatan
Lari dengan konotasi positif
Dan lari dengan konotasi negatif
Aku suka kata lari dengan dualisme yang dimilikinya
Aku adalah pelari dan terkadang akupun merupakan denotasi dari kata itu
Aku suka berlari
(Setiap pagi saya lari loh! lari dari kenyataan maksudnya, he..)

Jangan pernah tanyakan dimana
Karena akupun telah lama mencarinya
Jangan tanyakan kapan
Karena akupun tengah menunggu
Jangan tanyakan apa
Karena akupun sedang mewujudkan bentuknya
Jangan pernah bertanya
Karena aku enggan menjawab
(Ketika bosan menjawab untuk setiap tanya kapan?apa?bagaimana? yang telah dan sedang menulis pasti tahu maksudnya)

Lari mari ke sana kemari
Jalan ayo mengencang memelan
Tertawa haha hihi
Nikmatilah lelah yang akan segera mengalah
Menari bernyanyi
Berguling seperti gasing
 (Mulai Gajebo)

Well itulah dia tadi beberapa rangkaian kata yang saya buat beberapa bulan lalu
Bagi teman2 lanskap atau siapa saja yang sedang menulis skrips, tetap semangat!
Ciao

Titou 


2 comments:

  1. wkwk..bodrek sekali tou,haha,,

    "kapan seminar? Kapan sidang? Kapan wisuda? Bagaimana sudah kerja? Dimana? Sibuk apa sekarang?"... jeng jereng jengjeng... hehe..

    ReplyDelete