Wednesday 20 April 2011

The Place I'll Go

Judul The Place I'll Go diambil dari judul salah satu buku bergambar favorit saya 'The Place You'll Go'nya Dr. Seuss. Buku yang menurut saya bercerita tentang pilihan, petualangan, dan pahit manisnya sebuah perjalanan. Tapi yang ingin saya tulis hari ini, tidaklah seserius itu. Cerita yang ingin saya bagi adalah tempat-tempat yang paling sering saya kunjungi selama saya tinggal di sini, 'The Place I'll Go" and will be often go there. Here it is:

1. C-Town
Jenis Tempat: Grocery
Perkiraan waktu tempuh: 30 menit kalau jalan kaki, 15 menit naik sepeda
Frekuensi kedatangan: Tidak tentu (bisa seminggu sekali, seminggu dua kali)
Maksud kedatangan: Membeli keperluan sehari-hari (terutama makanan)
Hal yang disukai dari tempat ini: Dekat sama rumah, menjual banyak pilihan bahan makanan segar seperti buah-buahan, sayur, bumbu, daging, seafood, dsb. (dibandingkan dengan Wall mart), harga bersaing (seperti promosi aja ni)
Hal yang tidak disukai dari tempat ini: Ada beberapa cerita miring tentang kualitas barangnya (beberapa cerita tentang makanan kadaluarsa (jadi perlu selalu cek exp. date sebelum tergiur dengan murahnya harga)
Hal yang menarik dari tempat ini: Di sini tokonya orang amerika latin gitu, jadi kalau sedang belanja, kadang-kadang akan merasa sedang tidak berasa di US,  karena baik penjaga toko sama orang-orang belanjanya ngobrol dengan bahasa non-Inggris.
Pojok Favorit: Rak Buah-buahan (murah dan enak-enak)
Alamat website: http://www.ctownsupermarkets.com/

2. Old Westbury Public Library

Jenis Tempat: Perpustakaan Publik
Perkiraan waktu tempuh: 25 menit kalau jalan kaki, 10 menit naik sepeda
Frekuensi kedatangan: Tidak tentu (bisa seminggu dua kali, seminggu tiga kali)
Maksud kedatangan: Cari bahan bacaan, Menyepi, Minjam buku, dvd film/lagu
Hal yang disukai dari tempat ini: Dekat sama rumah, bukunya bagus-bagus, petugas perpustakaannya ramah-ramah, tempatnya nyaman, pinjam buku bisa sampai 28 hari (buku baru 14 hari), bisa pinjam dvd film/lagu gratis.
Hal yang tidak disukai dari tempat ini: Dvd film batas peminjamannya cuma 2 hari jadi harus buru-buru nonton dan kembaliin dvdnya. Walaupun kadang-kadang lelah sekali sepulang kerja (tetap ngeluh, he...)
Hal yang menarik dari tempat ini: Punya kartu pustaka dari tempat ini membuat saya jadi bagian dari komunitas Old Westbury ini, karena walaupun untuk publik, pustaka ini kayak pustaka komunitas gitu
Pojok Favorit: Rak buku seni, desain, dan taman, tapi yang terfavorit adalah rak buku cerita anak-anak (he.., buku bergambarnya bagus-bagus lo)
Alamat website: http://www.westburylibrary.org/

3. Islami Centre of Long Island (ICLI)
Jenis Tempat: Islamic Centre (Masjid merangkap tempat aktivitas muslim)
Perkiraan waktu tempuh: 40 menit kalau jalan kaki, 20 menit naik sepeda
Frekuensi kedatangan: Sekarang-sekarang ini seminggu sekali untuk sholat jum'at semoga selanjutnya frekuensinya bisa meningkat.
Maksud kedatangan: Sholat Jum'at, bertemu sesama muslim di US, bertemu orang Indonesia (tapi untuk yang terakhir ini belum berhasil sampai sekarang)
Hal yang disukai dari tempat ini: Halaman depannya bagus. Pada musim semi seperti ini bunga-bunga yang di depannya bermekaran. Nyaman dan damai ketika berada di dalamnya (nyaman dalam arti merasa aman dan tenteram di tengah-tengah sesama muslim di Long Island ini) dan damai seperti senantiasa setiap masjid di mana saja.
Hal yang tidak disukai dari tempat ini: Sebenarnya bukan tidak disukai dari tempat ini, tapi keadaannya, yaitu saya harus buru-buru pulang setelah sholat jum'at berakhir, karena harus mengejar jam kerja. tidak sempat untuk sekedar berinteraksi dengan orang lain)
Hal yang menarik dari tempat ini: Di sini bisa melihat dan memerhatikan orang-orang muslim dari banyak negara (dari gaya sholat, sampai pakaian, peci, dsb.
Pojok Favorit: Dekat pintu keluar, karena harus segera kembali setelah sholat jum'at tapi kata chandra nanti akan semakin lebih awal sholat jum'atnya jadi punya waktu untuk dengar pengumuman abis sholat.
Alamat website: http://www.icliny.org/zjam/


Well, sejauh ini, inilah tiga tempat yang paling sering saya kunjungi. Walaupun demikian perjalanan di sini masih panjang dan mungkin selanjutnya makin banyak tempat-tempat tak kalah menarik, menyenangkan, penuh petualangan (halah..) yang akan sering saya kunjungi. Keep exploring...


Titou

1 comment:

  1. Ada pasar tradisonal gak kayak central market gitu? Kayaknya wajib di explore juga.. Tiap bulan buat target paling gak jalan-jalan ke dua tempat baru, jangan stuck di zona nyaman, mumpung di negeri yang jauh :)

    ReplyDelete