Saturday 29 October 2011

Eid Mubarak (another old story)


Lebaran di negeri orang. bagaimanakah rasanya?
Mellow........tidak bertemu keluarga (walaupun skypan)
Tidak makan lontong (gak bisa buatnya)
Tidak kemana-mana (gak tau mau kemana)
He.....

Seingat saya lebaran yang lalu adalah beberapa hari setelah irene terjadi, sehingga saya memutuskan tidak pergi ke mesjid orang Indonesia di Queens, melainkan ke tempat shalat Ied yang diselenggarakan ICLI alias Islamic Center Of Long Island. Saya datang agak awal sehingga masih belum ramai, tapi lama kelamaan makin banyak orang yang berdatangan. Kebanyakan orang arab, pakistan, dsb. Saking ramainya, sholatnya  dilakukan 2 shift. Tidak menyangka begitu banyak orang islam di Amerika, dan begitu semangatnya mereka untuk sholat ied ini. Malahan mungkin mereka tidak hanya berasal dari Long Island saja, karena saya melihat ada satu keluarga muslim yang turun dari Yellow Cabnya Manhattan.
Sholat di sini memberi truly experience lebaran di negeri orang, where you dont know anyone, but in another hand feel like a part of a big community. Beda mungkin kalau shalat di masjid Al-Hikmahnya Indonesia di Queens, yang orang2nya semua berbahasa sama dan berwarna kulit sama.

Serupa di Banda Aceh, Sholat Ied di sini juga diselenggarakan di lapangan. ICLI menyewa satu kavling lahan di taman publik Einsohower Park untuk dijadikan area sholat Ied. Lucu juga ketika lagi mendengar khutbah,  melihat orang-orang jogging di pinggir taman. Mereka melihat massa yang banyak ini dan mungkin bertanya-tanya ada acara apa, atau malah mungkin sedikit takut karena paranoid.

Berbicara tentang bedanya Sholat Ied di sini dan di rumah, kalau di sini ceramahnya pake bahasa Inggris (ya iyalah!!) dan takbirnya iramanya juga beda (cek di video) selebihnya mirip-miriplah.

Oh ya pas sholat Ied ini, datang juga perwakilan dari walikotanya Long Island kalau tidak salah,. Beliau mengucapkan selamat lebaran, dsb. Andai dunia selalu bisa seindah ini, tanpa perang karena perbedaan, agaknya akan lebih tenteram..
Pulangnya saya hanya berskypan dengan keluarga, melihat mereka saling maaf2an, makan ini itu, bahkan prosesi bagi-bagi duit lebaran yang sudah jadi tradisi di keluarga besar babah saya lewat layar kaca... Andai saya di sana hiks...Agak sepi si lebaran di sini, tidak tahu mau melakukan apa... yang lain pada kerja karena memang hari kerja, jadi habislah hari itu dengan berskype dan tidur2an istirahat. Benar-benar pengalaman lebaran di negeri orang.
Lapangan tempat sholat Iednya
Ceramah dalam bahasa Inggris
pertamanya gak begitu ramai, tapi setelah itu....
ramainya...

selesai sholat Ied..

di dekor juga lapangannya
Video ketika bertakbir
Sekian dulu ya!!

No comments:

Post a Comment