Tuesday 10 May 2011

My Favorite Things?

What's your favorite american movie? itu adalah pertanyaan bos saya ketika kita sedang ngobrol-ngobrol di lain waktu dia nanya juga what is your favorite animal? Orang amerika lain juga bertanya what kind of music do you like best? what is your favorite colour?

Dan terkadang ketika pertanyaan-pertanyaan itu dilontarkan saya menjadi bingung dan tergagu-gagu ketika menjawabnya. berpikir panjang terlebih dahulu, masalahnya jawaban-jawaban itu hilang begitu saja dalam kepala saya, atau skema yang paling sering saya tidak punya favorit, saya suka banyak hal dan ketika disuruh memilih saya jadi bingung. Alhasil saya kelihatan begitu bodoh dan pembicaraan menjadi tidak berjalan mulus

Saya mendiskusikan ini dengan kakak saya. Dan dia mengajarkan saya beberapa hal.
1. Pertanyaan-pertanyaan ini sebenarnya adalah pembuka pembicaraan memulai 'cheat chat'
2. Tidak terlalu jujur menjawabnya, pilih saja satu jawaban, jangan terlalu lama berfikirnya
3. Kalau bingung, pilih jawaban yang kelihatannya sama dengan jawaban lawan bicara, hal ini membuat lawan bicara tambah tertarik dengan Anda dan pembicaraan kalian dan komunikasi akan terjalin dengan baik.

Tips ini ia dapatkan ketika pelatihan bahasa dan budaya sebelum mengambil master di Australia beberapa tahun silam, dan sekarang diberitahukan kepada saya karena saya tidak mendapatkan pelatihan serupa. Di satu sisi sebenarnya saya kurang suka dengan ide 'cheat chat' ini, menurut saya terlalu berpura-pura, tidak bangga menjadi diri sendiri. Apakah ada masalah jika saya tidak punya sesuatu yang favorit? saya suka hal-hal yang berbeda dari yang Anda sukai? he...

Tapi terkadang yang bertanyapun terkadang bertanya pura-pura, hanya sebagai pembuka perbincangan. karena pertanyaan-pertanyaan ini secara umum dianggap paling mudah dijawab, karena menyangkut kesenangan pribadi (saya pengecualian). Dan apabila memang seperti itu cara kerjanya baiklah walaupun tidak begitu suka akan saya terapkan.

Dan sekarang akan saya daftar hal-hal favorit saya biar tak usah berpikir panjang kalau ditanya kemudian (sebagian mungkin bukan jawaban yang pasti, karena seperti dibahas sebelumnya sangat tergantung lawan bicara. he...

Warna favorit: hijau
Jenis musik favorit: Jazz, Pop
Penyanyi favorit: Michael Bubble
Film Favorit: 500 days of summer, Inception
Buku favorit: The Kite Runner, The Sister Keeper, Buku cerita anak-anak
Hewan Peliharaan Favorit: Kelinci (satu2nya jenis hewan yang pernah dipelihara)
Hewan Favorite: Elephant
Makanan amerika favorit: Fish and chip
Bagian dalam OWG yang paling favorit untuk bekerja: Rose Garden
Pelukis Favorit: Van Gogh

Ha...ha.. banyak juga ternyata dan tidak kepikiran semuanya sekarang, mungkin yang paling penting merespon cepat saja kalau ditanya (jangan lemot seperti saya akhir-akhir ini). Oh ya satu lagi kalau berbohong 'cheat', berbohonglah yang cerdas atau paling tidak pandai-pandailah berkelit, karena bisa saja pertanyaan setelah pertanyaan favorite things ada pertanyaan lain yang tidak terduga
cotoh:

Lawan Bicara (LB): makanan makanan amerika favorit kamu apa?
Saya (S):Fish and chip
LB: Oh benarkah? di mana kamu makan di dekat sini?
Saya (S): Mikir panjang..... (baru sekali makan fish and chip dan bukan di dekat sini)
Ha....ha....
Selamat berlatih cheat chat

Titou

1 comment: